Sabtu, 24 Mei 2008

Belajar Land Desktop 2005

KATA PENGANTAR


“Pemulaan Hikmat adalah takut akan Tuhan
dan mengenal Yang MahaKudus adalah Pengertian”


Banyak orang mengenal AutoCAD sebagai software yang paling banyak dipakai dalam bidang arsitektur, sebenarnya tidak saja arsitektur tetapi program – program tambahan dari AutoCAD juga sudah sangat representatif dalam bidang sipil, survey pemetaan, mekanikal desain, permodelan 3D dan lain - lain.
Buku ini adalah buku latihan untuk program tambahan dari AutoCAD 2005 yakni Land Desktop 2005 dan Civil Design 2005. Pembaca akan dituntun, langkah demi langkah, dalam membuat obyek – obyek dan disertai dengan file – file latihan yang telah dipersiapkan. Buku ini diperuntukan bagi pengguna lanjutan dari AutoCAD, sehingga perintah – perintah dasar 2D AutoCAD sudah tidak dijabarkan lagi. Latihan – latihan yang ada, secara sistimatis akan mendemontrasikan dari persiapan sebuah proyek, pengerjaan, pengeditan, membuat hasil cetakan, hingga menghitung volume dari obyek secara otomatis.
Buku ini terdiri dari 12 bab, dimana dari bab 1 sampai dengan bab 5 adalah latihan untuk Land Desktop 2005, dan dari bab 6 sampai dengan bab 10 adalah latihan untuk Civil Design 2005, sedangkan 2 bab terakhir adalah, latihan – latihan tambahan menyangkut dua obyek dasar dari software AutoCAD dalam perspektif Land Desktop 2005, yakni Point (titik) dan Garis (line, tangens, kurva dan spiral).
Belajar itu tidak pernah mudah, belajar itu sepanjang hayat. Dalam memulai latihan dalam buku ini, Anda mungkin akan merasa rumit dan membosankan, karena memang belajar tidak pernah mudah, tetapi disiplinkan diri Anda, niscaya Anda akan memperoleh sesuatu dalam belajar, sehingga dengan penalaran yang sama dari latihan – latihan dalam buku ini, Anda akan dapat lebih berkembang dan lebih cepat dalam menangani pekerjaan – pekerjaan yang membutuhkan aplikasi dari Land Desktop 2005 dan Civil Design 2005.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada saudara Joy R. Inabuy dan keponakan Nandar Sontany, yang telah membantu dalam penyusunan buku ini, serta kepada semua pihak yang terlibat dalam penulisan ini.
Semoga Bermanfaat!

Buku ini dipersembahkan bagi istri tersayang : Denatji A. Kiuk, serta anak-anak terkasih : Methsal Musvidius (Alm), Septus Gloriady dan Junoris Stinior.


Kupang, 20 Maret 2008

Darius Puas




Bab 1. PENDAHULUAN


Pada bab ini, Anda akan diajak untuk memahami cara kerja dari Land Desktop 2005, struktur direktori, asumsi – asumsi yang dipergunakan, dan hal – hal yang perlu disepakati, agar pada bagian pembahasan dan latihan, dapat lebih mudah di ikuti.

1.1 Asumsi – Asumsi Pralatihan

  1. Spesifikasi komputer, tentunya harus sesuai dengan rekomendasi dari pembuat Software.
  2. Pada komputer yang dipakai untuk latihan – latihan ini, telah ter-install Software AutoCAD 2005, Land Desktop 2005 dan Civil Design 2005.
  3. Program Land Desktop 2005 di-install pada directory C: \ Program Files \ LandDesktop 2005 \.
  4. Directory Land Projects di-install pada direktory D:\ Land Projects 2005\.
  5. Program editor yang dipakai adalah Notepad.
  6. Resolusi monitor yang dipakai adalah 1024 x 768 picels.
  7. Anda telah sedikit menguasai perintah – perintah dasar dari AutoCAD 2 Dimensi.

Bagi Anda yang baru akan meng-install program, ingatlah bahwa, Land Desktop 2005 tidak dapat di-install jika AutoCAD 2005 sebagai main program belum ter-install, dan Civil Design 2005 tidak dapat di-install jika Land Desktop 2005 belum ter-install.
Untuk asumsi ke 3 s/d asumsi ke 5 dapat didefinisikan pada waktu meng-install program yang dimaksud.
Bagi Anda yang sudah terlanjur meng-install Software AutoCAD 2005 dan Land Desktop 2005, maka Anda dapat mengatur ulang direktory – direktory tersebut dalam Menu Pulldown Projects > User References…

 


Ataupun, Anda dapat saja tidak perlu merubah default yang telah terinstall (walau tidak seperti Asumsi diatas) tapi Anda hanya perlu mengingat, jika pada latihan – latihan didepan Anda diminta untuk mengarah kepada direktory D:\Land Projects\ maka arahkanlah ke direktory dimana Anda mendefinisikan direktory Land Projects Anda, demikian juga untuk yang lainnya.

1.2 Direktori dan File Land Desktop 2005

Land Desktop 2005 sedikit berbeda dengan main programnya AutoCAD 2005, dalam bekerja Land Desktop 2005 akan membuat struktur direktory yang unik, serta menambahkan file – file external jika dirasa perlu. Dibawah ini sedikit diperkenalkan file-file dan direktory-direktory dari Land Desktop 2005.

Dalam satu project yang dibuat, Land Desktop 2005 akan membuat direktory-direktory yang dalam keadaan default tersusun seperti dibawah ini :

 



  • Direktory Land Projects 2005 (lihat gambar), adalah direktory Utama dari Projects – Projects yang akan dibuat, direktory ini didefinisikan ketika meng-install Land Desktop 200 untuk pertama kali.
  • Direktory Lat-Grading04 adalah Sub direktory yang berisi direktory – direktory data dari satu Projects, direktory ini dibuat ketika Anda membuat dan memberi nama pada suatu Projects baru, nama itulah yang akan menjadi nama dari direktory ini.
  • Direktory align adalah direktory data dari suatu projects (dalam contoh ini adalah projects Lat-Grading04) yang berisi file-file, menyangkut informasi tentang data dari Alignment. Direktory ini dibuat oleh Land Desktop 2005 secara otomatis.
  • Direktory cogo adalah direktory data dari suatu projects (dalam contoh ini adalah projects Lat-Grading04) yang berisi file-file menyangkut informasi tentang Point (titik), baik itu mengenai Descripsi kunci, Point Group maupun Database Point dari projects bersangkutan. Direktory ini dibuat oleh Land Desktop 2005 secara otomatis.
  • Direktory dwg adalah direktory data dari suatu projects (dalam contoh ini adalah projects Lat-Grading04) yang berisi file-file gambar dan back up dari gambar. Direktory ini dibuat oleh Land Desktop 2005 secara otomatis.
  • Direktory dtm adalah direktory data dari suatu projects (dalam contoh ini adalah projects Lat-Grading04) yang berisi file-file dan sub direktory - sub direktory menyangkut informasi tentang Surface , baik itu mengenai Surface Biasa maupun Surface Volume. Direktory ini dibuat oleh Land Desktop 2005 secara otomatis.
  1. Direktory – direktory dari Land Desktop 2005 akan ditambah sesuai dengan kebutuhan dari penggunaanya, dan biasanya direktory – direktory tersebut akan dibuat tanpa konfirmasi Anda. Jumlah direktory data akan bertambah sesuai pertambahan fitur – fitur Land Desktop 2005 yang Anda gunakan.
  2. File – file yang dibuat oleh Land Desktop 2005, file – file tersebut akan dibuat secara otomatis, ada juga yang akan meminta konfirmasi Anda baik untuk tempat penempatan file maupun nama dari file tersebut.
  3. File – file otomatis dari Land Desktop 2005 pada umumnya ber-existensi, .mdb, .lbd, .dfm, .dat, .pnt, .bin, .tin, .sdf, .gcf, .bak, .cgx, .log, dan lain – lain, sedangkan file – file yang akan meminta konfirmasi Anda adalah file – file yang ber-existensi .tpl, .prn, .pcd, .txt, dan lain lain
  4. Sebagian dari file – file ini dapat di-generate dari file gambar (.dwg) yang dibuat pada Land Desktop 2005.

Misalnya Anda mendapat file gambar (.dwg) yang dibuat dengan aplikasi Land Desktop 2005 tanpa struktur direktory dan file – file external, ketika file itu dibuka pada Land Desktop 2005, maka Land Desktop 2005 akan meng-generate file – file external yang dibutuhkan, berdasarkan file gambar (.dwg) yang ada. kemudian akan meminta konfirmasi Anda untuk membangun struktur direktory dan projects baru dari file gambar (.dwg) tersebut.

1.3 Layer-Layer

Sama halnya dengan struktur direktory dan file external, maka dalam bekerja Land Desktop 2005 juga membuat layer – layer baru, tetapi berbeda dengan direktory dan file external, maka hampir semua layer yang akan dibuat, Land Desktop 2005 akan meminta konfirmasi dari Anda, lewat kotak dialog – kotak dialog yang ditampilkan, untuk obyek – obyek yang bersangkutan.
Jika Anda tidak ingin merubah nama layer dan tetap dengan default yang ada, maka tinggalkan seperti adanya, untuk latihan – latihan pada bab – bab didepan, disarankan untuk tetap memakai nama default dari layer Land Desktop 2005 jika tidak diminta untuk merubahnya, kecuali Anda telah terbiasa dengannya. Dibawah ini sedikit diperkenalkan layer – layer yang berhubungan dengan obyek – obyek umum Land Desktop 2005.

  1. Surface : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • CONT-MNR = Layer untuk garis Contour Minor
  • CONT-MJR = Layer untuk garis Countor Mayor
  • SRF-FLT = Layer untuk garis Breaklines
  • SRF-RNG = Layer untuk Display Surface (3D faces, Band Elev, dll)
  1. Station Alignment : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • STALBL = Layer untuk Label Station dari satu Alignment
  • STAPTS = Layer untuk Label Point Station dari satu Alignment
  • STAEQU = Layer untuk Label Kurva dari satu Alignment
Offset Alignment : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • ROW = Layer untuk Garis terluar jalan (Damija)
  • SHOULDER = Layer untuk garis Bahu Jalan
  • SIDEWALK = Layer untuk garis Trotoar Jalan
  • EOP = Layer untuk garis Batas Perkerasan jalan
Profile (Long Section) : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • PBASE = Layer untuk garis dasar dari satu Profile
  • PEGC = Layer untuk garis Center Existing Ground (Tanah Asli)
  • PEGCT = Layer untuk label Center Existing Ground (Tanah Asli)
  • PFGC = Layer untuk garis Center Finishing Ground (Garis Rencana)
  • PFGCT = Layer untuk label Finishing Ground (Garis Rencana)
  • PGIRD = Layer untuk garis Grid Horisontal
  • PGRIDT = Layer untuk label Grid Horisontal
  • PVGRID = Layer untuk garis Grid Vertikal
Cross Section : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • XEG = Layer untuk garis Existing Ground
  • XFG = Layer untuk garis Finishing Ground (Template)
  • XDATUM = Layer untuk garis Bidang Persamaan Elevasi
  • XGRID = Layer untuk garis Grid Vertikal dan Horisontal
  • XGRIDT = Layer untuk label Grid Vertikal dan Horisontal
  • XROW = Layer untuk garis Damija (Daerah Milik Jalan)
Sheet Style : layer – layer yang berhubungan dengan obyek ini adalah :
  • PS841X594 = Layer untuk garis Ukuran Kertas
  • PSBORDER = Layer untuk garis Bingkai (Kop) Gambar
  • Untuk Plan (Situasi) dalam Sheet Style
  • PSPLAN_FRAME = Layer untuk garis Frame Situasi
  • PSPLAN_STA = Layer untuk garis Station Situasi
  • PSPLAN-VPORT = Layer untuk Viewport Situasi
Untuk Profile (Long Section) dalam Sheet Style
  • PSPROF_EGC = Layer untuk garis Center Existing Ground
  • PSPROF_FGC = Layer untuk garis Center Finishing Ground
  • PSPROF_FRAME = Layer untuk Frame Profile
  • PSPROF_GRID = Layer untuk Grid Profile
  • PSPROF_GRIDELEV = Layer untuk Grid Elevasi
  • PSPROF_STA = Layer untuk Station Profile
  • PSPROF_VPORT = Layer untuk Viewport Profile
Untuk Cross Section dalam Sheet Style
  • PSXS_EGELEV= Layer untuk Elevasi Existing Ground
  • PSXS_FGELEV = Layer untuk Elevasi Finishing Ground
  • PSXS_FRAME = Layer untuk Vieport Cross Section
  • PSXS_GRID = Layer untuk Grid
  • PSXS_GRIDELEV = Layer untuk Elevasi Grid
  • PSXS_OFFSET = Layer untuk Offset Elevasi Existing Ground
  • PSXS_STA = Layer untuk Station Cross Section
  • PSXS_TABLE = Layer untuk Frame Keterangan atau Perhitungan   

Masih banyak lagi layer – layer yang akan dibuat secara otomatis dengan konfirmasi Anda sebagai operator, misalnya menyangkut obyek – obyek, Template, Grading, Label dan lain – lain, tetapi sejalan dengan latihan – latihan dimuka Anda akan dapat mengenalnya. Pengenalan terhadap layer – layer ini akan mempermudah Anda dalam mengedit Linetype dan Lineweigth ketika akan merubahnya, untuk memperbaiki tampilan.
Biasanya dalam satu projects, obyek – obyek umum seperti Alignment, Surface, Profile, Cross Section, Template, Grading dan lainnya tidak berdiri sendiri (Tunggal), tetapi akan ada obyek – obyek yang sama dalam satu Project, untuk mempermudah penggunaan layer pada obyek yang sama, maka Land Desktop 2005 telah menyiapkan sarana untuk itu.
Katakanlah Anda mempunyai 2 (dua) Obyek Alignment, yang pertama diberi nama Namosain, yang lain diberi nama Kuanino, jika Anda menggunakan nama layer yang sama (Lihat nama-nama layer diatas untuk obyek Alignment), maka Anda akan kerepotan dalam mengeditnya. Untuk itu dalam kotak dialog yang telah disediakan Land Desktop 2005, Anda hanya perlu mengimbuhkan nama Alignment didepan nama layer, untuk membedakan antara layer Alignment Namosain dan Layer Alignment Kuanino, dengan menambahkan *- (bintang streep) pada kotak dialognya. Sehingga untuk layer Station Label misalnya, yakni STALBL akan menjadi Namosain-STALBL untuk alignment Namosain, dan Kuanino-STALBL untuk alignment Kuanino.
Pengimbuhan nama obyek di depan nama layer dapat dilakukan pada hampir semua layer obyek – obyek umum dari Land Desktop 2005.

1.4 Kesepakatan Persepsi Menu

Ada banyak cara penyebutan dan istilah menyangkut menu dari program komputer, untuk itu, perlu rasanya ada kesepakatan cara penyebutan menu – menu yang akan dipakai pada latihan – latihan didepan.

  • Menu Pulldown adalah menu utama pada bagian atas layar monitor, yang akan menampilkan sub menu ketika di-clik. Dimana sub menu – sub menu tersebut terhubung dengan kotak dialog ataupun input baris perintah.
  • Kotak dialog adalah halaman yang muncul untuk meminta input (seperti gambar dibawah disebut kotak dialog Contour Style Manager. Dalam sebuah kotak dialog ada bagian – bagian menu yang terpisah, biasanya dibingkai dengan jelas, bagian – bagian itu disebut Seksi (Contour Display, Label Display, Smoothing Options dan Preview adalah Seksi, lihat gambar)

 
  • Dalam satu kotak dialog dapat terdiri dari beberapa halaman yang disebut Tab (Contour Apperance, Text Style, Label Position dan Manage Style adalah Tab, lihat gambar).
  • Dalam satu seksi pada kotak dialog bisanya terdapat beberapa menu misalnya, Kotak Cek, yang untuk mengaktifkannya harus diberi tanda cek dengan meng-clik kotak cek tersebut.
  • Ada pula menu Radio Button (tombol radio) seperti halnya kotak cek, harus diaktifkan dengan meng-clik radio button tersebut, bedanya radio button adalah pilihan yang berganti/bertukar, sedangkan kotak cek adalah pilihan yang bertambah.
  • Ada juga menu Kotak Isian yang meminta input dari papan ketik.
  • Disamping itu, ada juga Menu Combo, hampir sama dengan radio button adalah pilihan bertukar/berganti, bedanya pada menu combo pilihan yang ada, baru akan ditampilkan ketika di-clik, sepintas menu combo tampak seperti menu kotak isian.
  • Ada juga menu Geser (Slider) , yang untuk merubah input hanya perlu menggeser slider yang ada.
  • Menu Shortcut adalah menu pintas yang ditampilkan ketika cliker mouse sebelah kanan ditekan, tiap obyek Land Desktop mempunyai menu shortcut tersendiri, walaupun ada item – item yang secara umum tetap dalam menu shortcut, dibawah ini dari kiri ke kanan adalah menu shortcut dari obyek Point, Label, dan Countor sebagai contoh.

 

  • Yang terakhir adalah Perintah Baris, perintah baris adalah fitur unik dari menu AutoCAD, yang biasanya akan meminta input dari papan ketik ataupun dari mouse.
Pada pembahasan latihan didepan, langkah – langkah yang disajikan menganut beberapa aturan dibawah ini :

  • Perintah atau langkah yang diminta untuk dikerjakan adalah langkah yang bernomor, sedang paragraf yang tidak bernomor tidak diminta untuk dikerjakan karena hanya sebagai penjelasan tambahan atau alternatif lain dalam menu bersangkutan.
  • Walaupun ada paragraf bernomor tetapi terletak diantara garis melintang tunggal dan garis melintang ganda, maka langkah itu tidak diminta untuk dikerjakan.
  • Tulisan yang dipertebal (bold) adalah menunjukan menu yang harus dieksekusi, ataupun besaran yang diminta untuk di isi.
  • Tulisan yang miring (italic) adalah menunjukan alamat menu yang akan dituju, atau yang dipergunakan, maupun kotak dialog yang dipakai.
Bersama buku ini juga disertakan file - file ZIP berisi struktur direktory file – file latihan, dan file – file data yang diperlukan dalam latihan –latihan didepan. Download dan salinlah (extrac & copy) kedalam direktory Project (diasumsikan pada D:\Land Projects 2005\ ).







11 komentar:

ance mengatakan...

Salam kenal, Boleh tahu bukunya bisa saya dapatkan dimana? kalau bisa pesan berapa harga + ongkos kirim jakarta ? saya tunggu informasinya... dmkn, trmksh..

Ance

Mohammad mengatakan...

Salam Sejahtera Mas Darius.....
saya jerry, mau tanya tentang buku yang mas Darius Puas Tulis...(Jalan Dalam Langkah Land Dekstop dan Civil Design)...
1. Dimana Saya bisa mendapatkan buku tersebut? soalnya di toko buku saya cari belum ada (Saya cari di toko buku On Line)]
2. Kalau mas Darius masih ada stok bukunya, bisa saya pesan?
Ini alamat Email saya : urban_creew@yahoo.com, nomor HP: +62 81 33 44 32 833
Nomor Telpon : +62 341 484 653
Terima Kasih...saya tunggu forward dari mas Darius.......

Darius mengatakan...

Salam!!

Saya Pembuat Blog ini, maaf untuk anda sekalian yang berminat memiliki buku ini, karena tidak dapat dicetak, alasan para penerbit karena Software yang dibahas kurang populer!!

Tetapi saya tawarkan kepada anda yang berminat, dapat langsung menitipkan pesan (komentar) alamat anda pada blog ini atau pada email dariusps@telkom.net saya dapat memberikan naskah dan file2 latihan dalam bentuk kepingan CD (digital) Terimakasih !!

Hormat Darius Puas

jimmy mengatakan...

selamt siang mas darius ,
selamat atas peluncuran buku anda
saya mau tanya gimana caranya kita plot point exisitng kita waktu kita memotong / cross section , karena setau saya di sheet manager kita hanya bisa memmbuat plot elevasi existing dengan jarak yang sudah ditentukan , saya maunya waktu di plot sudah ada bukan di edit di cross section utillity thanks mohon bantuan nya, email kan caranya ya pak jameshonk79@gmil.com
salam
jimmy

bangga mengatakan...

om darius saya sudah membeli buku anda, tapi saya masih bingung bagaimana cara print cross section agar tampak seperti pada cross section quick view, seperti pada gbr cross section umumnya ada grs horisontal u/ elevasi, grs vertikal u/ jarak. pada hasil sheet style u/ cross tdk muncul, mohon penjelasannya, e-mail sy bluesambiroto@yahoo.com

Roya mengatakan...

mas saya mau dong buku na...
kirim ke email saya di royagunaldy@gmail.com...

mkasih sblm na mas

afdal mengatakan...

mas ada master autocad land destop 2005 mas. kiriman dong mas

Syahr mengatakan...

Pagi Pak Darius, saya Syahrudi

Saya beberapa waktu yang lalu membeli Buku karangan Bapak yang judulnya "Jalan Dalam Langkah LAND DESKTOP & CIVIL DESIGN".
Tetapi awal membaca/mengikuti latihan Pada BAB 2 langkah 9 (Hal 19) terdapat perintah import source file "Titik.auf" yg ada dalam CD.
Akan tetapi dalam CD yg di ikut sertakan dalam Buku, saya tidak menemukan File tersebut.. Dan ternyata semua File latihan tidak terdapat dalam CD bawaan.

Mohon penjelasannya segera apabila saya ada kekeliruan dalam pencarian atau dikirimkan segera file latihan tersebut apabila memang tidak diikut sertakan dalam CD.
Terima kasih atas perhatiannya, saat ini saya sedang mempelajari AutoCAD LD untuk keperluan pekerjaan saya, untuk itu mohon segera di balas karna sedikit menghambat saya dalam mempelajari Buku bapak.

Saya kesulitan menghubungi email bapak: dariusps@telkom.net
mohon dibalas ke email saya:syahdinda@gmail.com

adi tirta mengatakan...

jl. anggapraja rt.06/07 dsn. sukamanah ds. imbanagara kec. imbanagara kab. ciamis jawa barat tlp. 082328156969

adi tirta mengatakan...

jl. anggapraja rt.6/7 dsn. sukamanah ds. imbanagara kec. imbanagara kab. ciamis jawa barat (an. Adi Sutirtana tlp. 082318156969)

Chandra Prayoga mengatakan...

Salam Sejahtera bapak Darius

Beberapa minggu lalu saya membeli buku "Jalan dalam Langkah LAND DESKTOP & CIVIL DESIGN" milik bapak Darius.Karena antusias saya memulai membaca dari awal dan berniat mengikutinya tahap demi tahap.Namun latihan Pada BAB 2 langkah 9 (Hal 19) terdapat perintah import source file "Titik.auf" yg ada dalam CD dan saya tidak dapat menemukan file tersebut.
Kemudian saya lanjutkan membaca pada bab bab selanjutnya yang terdapat perintah perintah import source file saya juga tidak dapat menemukan file yang telah disertakan dalam buku tersebut.

Kemudian saya berusaha menghubungi bapak Darius didaruisps@telkom.net dan mengalami kesulitan


Mohon bantuannya apabila saya ada kekeliruan dalam pencarian atau dikirimkan segera file latihan tersebut apabila memang tidak diikut sertakan dalam CD,serta mohon maaf karena saya memposting ulang komentar Bapak syahrudi karena saya juga mengalami hal yang sama.

mohon dibalas di prayogac@gmail.com atau 081235290235